Senin, 19 Desember 2011

APEX = PL/SQL + JS/JQUERY + HTML/CSS

Semakin kompleks aplikasi maka akan semakin terasa kebutuhan akan tiga teknologi tersebut, maka sebenarnya dalam mengembangkan aplikasi berbasis Oracle APEX kita memerlukan 3 jenis team development. Ini saya rasakan saat mencoba meningkatkan kompleksitas aplikasi yang saya bangun, kesulitan terbesar knowledge di dua bagian ini, teknik bonek kurang bagus karena cuma main copy-paste dari code orang lain dengan kesulitan memahami logic dari code tersebut, sehingga saat terjadi variasi lumayan ruwet untuk memodifikasi.

Saya berangkat dari oracle developer yang notabene, buta terhadap teknologi web, pada awalnya terasa sekali kesulitan untuk mengkonversi konsep trigger, process oracle developer ke dalam page render dan page processing APEX yang sudah murni webbase teknologi. Oracle form meskipun bisa dibuat webbase tapi belum murni kesitu karena masih memakai broker java jinitiator untuk merubah ke dalam applet.

Semakin lama akan terasa knowledge HTML/CSS/XML dan JS/JQUERY/AJAX menjadi mandatory dalam pengembangan aplikasi Oracle APEX.

  • PL/SQL untuk server side yang berhubungan dengan validasi database dan proses stored procedure untuk meningkatkan kecepatan aplikasi
  • JS/JQUERY untuk client side yang berhubungan sisi interactive validasi
  • HTML/CSS untuk layout template serta look and feel dari aplikasi

Jadi persiapkan diri anda untuk masuk ke dalam tiga teknologi tersebut jika ingin mengembangkan aplikasi berbasis Oracle APEX.

Selamat Belajar......
Jangan tidur sebelum bisa hehehe..
Salam bonex apex

2 komentar :

  1. mau nanya gan yang di maksud page render ama page processing tu apa sih? mohon pencerahannya gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Page render Terdiri atas kumpulan User interface control dan logic yang dijalankan ketika sebuah page ditampilkan (render).
      Sedangkan page processing Terdiri atas kumpulan User interface logic yang dijalankan ketika sebuah page diproses (submit).

      Hapus