Sabtu, 20 Oktober 2012

Mimetype and size validation on APEX upload file

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam implementasi upload image dalam APEX adalah:
  1. Aplikasi harus memakai otentifikasi
  2. Proses upload bisa memakai storage type :custom table atau WWV_FLOW_FILES (APEX_APPLICATION_FILES). Disini saya tidak akan menjelaskan bagaimana kedua teknik tersebut dipakai.
  3. Keduanya akan terbentuk di tabel APEX_APPLICATION_FILES, jadi anda harus hati-hati meskipun melakukan upload ke custom table maka otomatis juga terbentuk di WWV_FLOW_FILES. silahkan buktikan dengan melakukan query ke table WWV_FLOW_FILES saat anda berhasil upload di custom table. 
  4. Dengan fakta-fakta diatas maka:
    • Kita bisa melakukan validasi file upload terhadap jenis dan ukuran size dari file sebelum benar-benar kita upload ke dalam custom tabel dengan melakukan query ke APEX_APPLICATION_FILES.
    • Anda harus melakukan proses delete tabel APEX_APPLICATION_FILES saat melakukan validasi, setelah proses update/insert ke custom table. karena insert selalu terjadi ke table APEX_APPLICATION_FILES baik validasi berhasil atau gagal.

Dengan beberapa fakta diatas kita bisa implementasikan upload image dengan Storage Type: BLOB column specific in Item Source Attribute, kemudian melakukan validasi dengan bantuan WWV_FLOW_FILES pada contoh demo ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar